Posted by : Rhony

Beberapa teman facebook saya ada yang bertanya bagaimana caranya agar lancar menulis untuk blog. Wehehe.. saya si belum pandai lah, tetapi kalau mau belajar sama-sama ya mari.. Yang saya tau ini tentu barulah sedikit sekali, sudah pasti ada banyak sekali tips-tips seputar menulis di blog di luar sana. Ada 2 sih menurut saya: yang pertama jurus intip dan yang kedua jurus 3 sudut.

Jurus intip dalam menulis maksudnya gini: Kita intip satu tulisan teman di blognya. Ngintipnya nginptip plus, artinya baca benar-benar sampai kita benar-benar mengerti apa maksudnya tulisan teman itu. Lebih bagus lagi ambil satu paragraphnya saja, kemudian baca ulang-ulang misalnya 3 kali bolak balik. Setelah itu tutup saja blognya itu. Kemudian ceritakan kembali dengan kata-kata Anda sendiri, tanpa nyontek kata-demi kata.

Tips:
Ceritakan saja sebisanya, jangan perdulikan kualitasnya, kalau lupa ya katakan saja misalnya begini: “Maunya sih saya menulis kembali dengan kata-kata sendiri setelah baca blog teman tadi, tapi hanya beberapa saja dari tulisannya yang berhasil saya ingat. Kadang-kadang malah lupa semua. Ternyata ingatan saya agak lemah, atau justru tulisan teman saya itu yang jelek dan tidak menarik sehingga tulisannya tidak mampu memberikan kesan dalam pada pembaca hebat seperti saya”. Nah malah jadi tulisan nih, padahal aslinya kan karena lupa.

Praktekkan saja jurus ini selama 30 hari. Maka bulan depannya anda akan mulai menjadi penulis blog yang hebat.

Jurus Kedua adalah: Jurus 3 Sudut.

Caranya: Pikirkan sebuah benda untuk bahan anda menulis sederhana ini, misalnya laptop. Kemudian tinjaulah dari 3 sudut yang berbeda. Masing-masing sudut pandang Anda jadikan 3 paragraph. 1 paragraph kan mengandung 1 inti dan beberapa kalimat yang menjelaskan kalimat inti.

Misalnya sudut pertama kita tinjau dari HARGANYA. maka paragrap Anda akan berbunyi misalnya seperti ini:

Laptop ini harganya menurut perkiraan saya sekitar 5jt (ini kalimat inti). Kemudian jelaskan lagi dengan sekitar 2 sampai 2 kalimat lain. misalnya: Entahlah kalau menurut teman-teman yang sering jual beli komputer, mungkin malah lebih murah dari perkiraan saya. Kalau beli laptop seperti ini di pabriknya saya rasa akan jauh lebih murah dibandingkan dengan beli di penjual yang mata duitan. Andai ada laptop seperti ini dijual 2 juta saja maka saya akan beli, karena kalau uang segitu untuk beli laptop maka duitnya saya punya saat ini juga.

Tuh, kan jadi 1 paragraph dari sudut pandang HARGA. Kemudian anda pilih lagi satu sudut pandang lain, misalnya WARNAnya. Jelaskan lagi dengan beberapa kalimat, intinya adalah WARNA nya. Sudut pandang ketiga coba anda tulis tentang ukurannya (besar kecilnya). Jelaskan lagi dengan beberapa kalimat lainnya. Dengan jurus 3 sudut ini maka Anda akan belajar menulis 3 paragraph, itu sekitar 150 kata. Cukup untuk 1 judul tulisan di blog Anda.

Sekarang ada berapa banyak benda yang bisa Anda tinjau dari 3 sudut? Ada tak terbatas. Kalau begitu Anda juga bisa menulis di blog Anda dengan jumlah yang tak terbatas.

Demikianlah sekilas artikel tentang Belajar Menulis Sederhana kali ini.

Best Regards

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Thank tipnya saya juga member adsensecamp om. tapi tag cpcliknya problem and expired

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Popular Post

About Me

Facebook:http://www.facebook.com/home.php#!/profile.php?id=100001590060281&ref=ts

- Copyright © Rhony -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -